Selasa, 16 Juni 2015

Distribusi hipergeometrik

Distribusi Hipergeometrik
Distribusi hipergeometrik adalah distribusi probabilitas diskrit dari sekelompok objek yang dipilih tanpa pengembalian. Sampling dilakukan tanpa pengembalian dari kejadian sampling yang diambil dari populasi dengan kejadian-kejadian terbatas, maka proses Bernoulli tidak dapat digunakan karena ada perubahan secara sistematis dalam probabilitas sukses seperti kejadian-kejadian yang diambil dari populasi. Pengembalian sampling tanpa pengembalian digunakan dalam situasi sebaliknya dan memenuhi syarat Bernoulli, maka distribusi hipergeometrik adalah distribusi probabilitas diskrit yang tepat.
Distribusi hipergeometrik juga termasuk distribusi teoritis seperti halnya distribusi binomial. Perbedaan yang utama antara distribusi binomial dan distribusi hipergeometrik adalah pada cara pengambilan sampelnya. Pada distribusi binomial pengambilan sampel dilakukan dengan pengembalian, sedangkan pada disribusi hipergeometrik pengambilan sampel dilakukan tanpa pengembalian.
Distribusi hipergeometrik merupakan distribusi data diskrit. Probabilitas suatu peristiwa pada suatu percobaan akan menghasilkan dua macam peristiwa dependen menghasilkan probabilitas peristiwa yang berbeda pada setiap percobaan. Kondisi ini biasanya muncul pada percobaan yang dilakukan tanpa pengembalian dengan populasi terbatas. distribusi hipergeometrik adalah bentuk probabalitas tanpa pengembalian, yaitu setiap pencuplikan data yang telah diamati tidak dimasukkan kembali dalam populasi semula.
Ciri-ciri Percobaan Hipergeometrik
Distribusi hipergeometrik, dari setiap pengambilan sampel dikerjakan dengan tidak melakukan pengembalian setiap jenis benda yang telah diamati. Suatu percobaan hipergeometrik bercirikan dua sifat berikut:
a. Suatu contoh acak berukuran n diambil dari populasi yang berukuran N.
b. k dari N benda diklasifikasikan sebagai berhasil dan N-k benda diklasifikasikan sebagai gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar