Senin, 15 Juni 2015

Distribusi teoritis


Distribusi Teoritis
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang distribusi teoritis. Distribusi teoritis atau distribusi probabilitas teoritis adalah
susunan daftar dari probabiiltas peristiwa-peristiwa yang bersangkutan dimana frekuensinya diperoleh melalui perhitungan-perhitungan. Distribusi teoritis dibedakan berdasarkan variabel randomnya, yaitu variabel yang nilai-nilainya ditentukan oleh kesempatan atau bernilai numerik dalam suatu ruang sampel. Variabel random terbagi menjadi dua, yaitu variabel random diskrit dan variabel random kontinu.
A. Variabel Random
Variabel random atau variabel acak adalah variabel yang nilai-nilainya ditentukan oleh kesempatan. Variabel random dibagi menjadi dua, yaitu variabel random diskrit dan variabel random kontinu.
1. Variabel random diskrit
Variabel random diskrit adalah variabel random yang tidak mengambil seluruh nilai yang ada dalam sebuah interval atau variabel yang hanya memiliki nilai tertentu. Nilainya merupakan bilangan bulat dan asli, tidak berbentuk pecahan. Variabel random diskrit jika digambarkan pada sebuah garis interval akan berupa sederetan titik-titik yang terpisah.
2. Variabel random kontinu
Variabel random kontinu adalah variabel random yang mengambil seluruh nilai yang ada di dalam sebuah interval atau variabel yang dapat memiliki nilai-nilai pada suatu interval tertentu. Nilainya dapat merupakan bilangan bulat maupun pecahan. Variabel kontinu apabila digambarkan pada sebuah gambar interval akan berupa sederetan titik yang bersambung membentuk suatu garis lurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar